Sitanggang, Tiromsi PERTANGGUNGJAWABAN HUKUM KONSUMEN PADA PELAYANAN PDAM KELURAHAN HELVETIA TENGAH KECAMATAN MEDAN HELVETIA KOTA MEDAN. urnal Ilmiah Delegasi, 4 (1). ISSN 2797-9873
![[thumbnail of november-2022-2 (1).pdf]](http://eprints.ust.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
november-2022-2 (1).pdf
Download (470kB)
Abstract
Manusia sangat membutuhkan air dalam kehidupannya, baik untuk dirinya sendiri ataupun usaha mereka, maka air tidak dapat dilepaskan dari kehidupan manusia. Manusia menjadi konsumen air, dan negara berdasarkan UU Pasal 33 UUD 1945 no 3 menjadi pemilik dan penyalur air kemasyarakat. Ketika pemilik dan penyalur air melakukan tindakan diluar SOP maka bagaimana pertanggung jawaban Hukum Konsumen pelayanan diberikan kepadan Komsumen/pengguna. Dengan tulisan ini, memaparkan bahwa PDAM sebagai BUMN harus mempertanggungjawabkan pelayanan yang diberikan kepada masyarakat berdasarkan UU No 8 Tahun 1999. Masyarakat penerima dan konsumen air harus diberikan perlindungan konsumen, agar konsumen/ pengguna sumber air tidak dirugikan. Sehingga dengan adanya penegakan/ penerapan hukum konsumen, dan memproritaskan pelayanan, masyarakat dapat menerima air selalu dan tidak kekurangan air.
Kata Kunci: Kebutuhan Air, Pertanggung-jawaban Pelayanan Masyarakat, PDAM
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Hukum > Hukum (Umum) |
Divisions: | Fakultas Hukum > S1-Ilmu Hukum |
Depositing User: | Tonni Tonni Limbong |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 01:33 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 01:33 |
URI: | http://eprints.ust.ac.id/id/eprint/39 |