Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Kelas VII pada Materi Peluang di SMP Swasta Deli Murni Deli Tua

Tarigan, Dhea Natalia (2024) Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Kelas VII pada Materi Peluang di SMP Swasta Deli Murni Deli Tua. Other thesis, Universitas Katolik Santo Thomas.

[thumbnail of COVER, ABSTRAK, DAFTAR PUSTAKA DHEA NATALIA TARIGAN] Text (COVER, ABSTRAK, DAFTAR PUSTAKA DHEA NATALIA TARIGAN)
Cover, Abstrak, Daftar Pustaka Dhea Natalia Tarigan.pdf - Draft Version

Download (1MB)
[thumbnail of FULL TEXT DHEA NATALIA TARIGAN] Text (FULL TEXT DHEA NATALIA TARIGAN)
Full Text Dhea Natalia Tarigan.pdf - Draft Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa kelas VIII pada materi peluang melalui penerapan model problem based learning di SMP Swasta Deli Murni Deli Tua. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masingmasing terdiri dari dua pertemuan. Yang menjadi objek penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa kelas VIII pada materi peluang dengan menerapkan model problem based learning. Sebelum tindakan dilakukan terlebih dahulu diberikan tes awal, hasil tes awal kemampuan literasi numerasi siswa menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas adalah 56 dengan 4 siswa (13%) yang mencapai kriteria ketuntasan minimal. Pada hasil tes kemampuan literasi numerasi siswa siklus I menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas meningkat sebesar 56 menjadi 60 dengan peningkatan jumlah siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal sebanyak 4 siswa menjadi 12 siswa (40%). Pada hasil tes kemampuan litrasi numerasi siswa siklus II menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas meningkat sebesar 60 menjadi 83 dengan peningkatan jumlah siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal sebanyak 12 siswa menjadi 25 siswa (83%). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa penerapan model problem based learning dapat meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa kelas VIII Di SMP Swasta Deli Murni Deli Tua.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning; Literasi Numerasi; Peluang
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Matematika
Depositing User: Fitcroy Modestus Rumahorbo,S.S.I
Date Deposited: 12 Nov 2025 04:45
Last Modified: 12 Nov 2025 04:45
URI: https://eprints.ust.ac.id/id/eprint/137

Actions (login required)

View Item
View Item