Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas V di SD Negeri 104186 Tanjung Selamat Tahun Pembelajaran 2023/2024

Girsang, Anggun Marisa (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas V di SD Negeri 104186 Tanjung Selamat Tahun Pembelajaran 2023/2024. Other thesis, Universitas Katolik Santo Thomas.

[thumbnail of COVER, ABSTRAK, DAFTAR PUSTAKA ANGGUN MARISA GIRSANG] Text (COVER, ABSTRAK, DAFTAR PUSTAKA ANGGUN MARISA GIRSANG)
Cover, Abstrak, Daftar Pustaka Anggun Marisa Girsang.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of FULL TEXT ANGGUN MARISA GIRSANG] Text (FULL TEXT ANGGUN MARISA GIRSANG)
Full Text Anggun Marisa Girsang.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan unuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar. Jenis dari penelitian ini adalah kuantitatif, dengan desain koefisen korelasi. Teknik pengumpulan data mengunakan Sampling total, pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, angket dan dokumentasi. Data hasil yang telah diperoleh dianalisis menggunakan uji normalitas, korelasi, uji-t, koefisien determinan, liliefors. Berdasarkan hasil pembahasan penelitian tentang pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas V SD Negeri 104186 Tanjung Selamat Tahun Pembelajaran 2023/2024, dapat diambil beberapa kesimpulan sebagai berikut: Penerapan model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas V SD Negeri 104186 Tanjung Selamat Tahun Pembelajaran 2023/2024. Hasil posttes siswa di kelas V memiliki nilai rata-rata 77,24. Dari hasil koefisien korelasi (r_xy) atau r_hitung 0,521 dengan taraf signifikan 5% dengan jumlah responden (n)31 siswa sehingga diperoleh r_tabel 0,278. Dari hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa 0,521 ≥ 0,278, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 104186 Tanjung Selamat. Berdasarkan hasil hipotesis (uji-t) dengan nilai t_hitung ≥ t_tabel yaitu 3,059 ≥ 2,036 pada taraf signifikan diperoleh 0,05. Data tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran project based learning memiliki pengaruh positif yang signifikan, maka dengan demikian Ha diterima yaitu terdapat pengaruh antara model pembelajaran project based learning (X) dengan hasil belajar siswa (Y).

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran project based learning, Hasil Belajar, Pendidikan pancasila
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1- Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Fitcroy Modestus Rumahorbo,S.S.I
Date Deposited: 21 Nov 2025 08:43
Last Modified: 21 Nov 2025 08:43
URI: https://eprints.ust.ac.id/id/eprint/201

Actions (login required)

View Item
View Item