Kajian Hubungan Faktor Sosiodemografi dan Spasial Perjalanan terhadap Frekuensi Perjalanan Pengguna Trans Metro Deli Medan

Zamili, M.I.M Trides (2024) Kajian Hubungan Faktor Sosiodemografi dan Spasial Perjalanan terhadap Frekuensi Perjalanan Pengguna Trans Metro Deli Medan. Other thesis, Universitas Katolik Santo Thomas.

[thumbnail of COVER, ABSTRAK, DAFTAR PUSTAKA M.I.M TRIDES ZAMILI] Text (COVER, ABSTRAK, DAFTAR PUSTAKA M.I.M TRIDES ZAMILI)
Cover, Abstrak, Daftar Pustaka M.I.M Trides Zamili.pdf

Download (882kB)
[thumbnail of FULL TEXT M.I.M TRIDES ZAMILI] Text (FULL TEXT M.I.M TRIDES ZAMILI)
Full Text M.I.M Trides Zamili.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Trans Metro Deli salah satu moda transportasi perjalanan harian yang digunakan di dalam Kota Medan. PT. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengkaji hubungan faktor sosiodemografi terhadap frekuensi perjalanan pengguna trans metro deli, untuk mengkaji hubungan spasial perjalanan terhadap frekuensi perjalanan pengguna trans metro deli. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan kuesioner kepada 417 responden pada hari kerja (Senin-Jum‟at) pada waktu pagi hari pukul 08.00–10.59 WIB, siang hari pukul 11.00-14.59 WIB dan sore hari pukul 15.00-17.59 WIB, dengan pertanyaan – pertanyaan sebagai beriku : gender, usia, pendidikan terakhir, ukuran rumah tangga, kepemilikan kendaraan pribadi, pekerjaan, pendapatan, pengeluaran, frekuensi, maksud/keperluan, jarak perjalanan, durasi perjalanan, lama menunggu, moda transportasi dari titik asal ke tempat tujuan, durasi dari titik asal ke halte, jarak dari titik asal ke halte, moda dari halte ke tempat tujuan akhir, durasi dari halte ketempat tujuan akhir, jarak dari halte ke tempat tujuan akhir. Dari hasil kajian hubungan faktor sosiodemografi terhadap frekuensi, diketahui bahwa sosiodemografi memiliki hubungan terhadap penggunaan bus metro deli. secara keseluruhan diketahui bahwa variabel signifikan yang ditunjukan dengan nilai fhitung diatas ftabel dan nilai thitung diatas ttabel (1,648). Dan dari hasil kajian hubungan spasial perjalanan terhadap frekuensi, berdasarkan analisis pengujian yang telah dilakukan maka variabel spasial spasial memiliki hubungan yang signifikan terhadap frekuensi. secara keseluruhan diketahui bahwa variabel signifikan yang ditunjukkan dengan nilai fhitung diatas ftabel dan nilai thitung diatas ttabel (1,648). Namun berdasarkan nilai determinasi (R2) diperoleh 0,32 masih dianggap kurang tepat (lemah).

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Trans Metro Deli, Frekuensi Perjalanan, Sosiodemografi, Analisis Linear Berganda
Subjects: 700 The arts > 710 Area planning and landscape architecture
Divisions: Fakultas Teknik > S1-Teknik Sipil
Depositing User: Fitcroy Modestus Rumahorbo,S.S.I
Date Deposited: 25 Nov 2025 08:29
Last Modified: 25 Nov 2025 08:29
URI: https://eprints.ust.ac.id/id/eprint/217

Actions (login required)

View Item
View Item