Evaluasi Struktur Sekolah SD Laudato Si Jl. Lori Pancur Batu-Deli Serdang (Studi Literatur)

Panjaitan, Bintang Indah J (2024) Evaluasi Struktur Sekolah SD Laudato Si Jl. Lori Pancur Batu-Deli Serdang (Studi Literatur). Other thesis, Universitas Katolik Santo Thomas.

[thumbnail of COVER, ABSTRAK DAN DAFTAR PUSTAKA BINTANG INDAH J. PANDIANGAN] Text (COVER, ABSTRAK DAN DAFTAR PUSTAKA BINTANG INDAH J. PANDIANGAN)
Cover, Abstrak dan Daftar Pustaka Bintang Indah J. Pandiangan.pdf - Draft Version

Download (844kB)
[thumbnail of FULL TEXT BINTANG INDAH J. PANDIANGAN] Text (FULL TEXT BINTANG INDAH J. PANDIANGAN)
Full Text Bintang Indah J. Pandiangan.pdf - Draft Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Hasil akhir ni merupakan hasil penelitian yang menggambarkan hasil desain struktur dengan menggunakan desain beban gempa dinamik rangka pemikul momen khusus pada sebuah struktur Gedung sekolah 3 lantai dan dengan mengikuti prosedur yang diterapkan oleh SNI 1726:2019, SNI 2847:2019 dan SNI 1727:2020. Adapun yang melatarbelakangi penulis tertarik untuk membuat tugas akhir ini karena Bangunan yang ditinjau adalah Sekolah , SD Laudato SI yang berlokasi di pancur batu, Deli Serdang, Sumatera Utara. Bangunan ini terdiri dari 3 lantai , karena setiap bangunan akan di periksa struturnya berdasarkan PPRI ( peraturanperaturan Republik Indonesia) Nomor 16 tahun 2021 tentang peraturan pelaksanaan bangunan gedung maka di lakukan evaluasi terhadap bangunan
gedung sekolah tersebut karena dibangun oleh intuasi pengalaman sendiri dan memiliki gambar struktur tetapi tidak memiliki Hitungan Desain Struktur Bangunan yang sesuai dengan Peraturan-Peraturan serta Standar Nasional Indonesia. Metode yang digunakan dalam desain gempa Gedung Sekolah tiga lantai ini adalah desain dinamik analisis rangka pemikul momen khusus (SRPMK) yang data-datanya diinput kedalam program komputer ETABS 18 dengan model struktur 3 dimensi. Untuk tanah yang digunakan yaitu tanah lunak. Seluruh tahapan ataupun prosedur dalam menjalankan tugas akhir ini merujuk pada SNI 1726:2019, SNI 2847:2019 dan SNI 1727:2020, baik tahapan penginputan ataupun persyaratan dan aturan yang telah ditetapkan dalam mendesain struktur gedung tahan gempa. Hasil penelitian yang penulis dapatkan dalam desain struktur Gdeung sekolah tiga lantai ini antara lain; klasifikasi situs tanah lunak di pancur batu Deli serdang berdasarkan rsa.ciptakarya.pu.go.id. sistem struktur didesain menggunakan sistem rangka pemikul momen khusus (SRPMK). Kategori desain seismic yang didapatkan adalah kategori D. Desain Balok ,desain kolom, pemeriksaan kegempaan mulai dari pengecekan ketidakberatura, desain diafragma,pengecekan jumlah ragam getar struktur, penentuan periode fundamental struktur, nilai koefisien respon seismic, geser dasar seismic, pemeriksaan simpangan antar tingkat. Dari hasil desain yang dianalisa terdapat beberapa kolom yang tidak tahan terhadap gempa dalam memikul beban-beban yang rasionya melebihi daripada satu maka dilakukan pembesaran kolom dan hasilnya tidak melebihi daripada satu atau kolom sudah tahan terhadap gempa dan dapat memikul beban-beban. Kesimpulan dalam penelitian tugas akhir ini berdasarakan hasil analisis dan kesimpulan pada bab pembahasan dan analisis penulis memiliki saran dimana perhitungan desain dan penginputan data-data struktur dan hasil desain struktur kedalam aplikasi program komputer haruslah teliti dan sesuai dengan tahapan dan prosedur yang telah ditetapkan SNI 1726:2019,SNI 2847:2019 dan SNI 1727:2020 agar hasil desain dan analisis benar-benar sesuai mampu menahan beban gempa dan dapat dipertanggungjawabkan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Sekolah, Sistem Struktur, Simpangan, Ketidakberaturan
Subjects: 600 Technology (Applied science) > 690 Construction of buildings
Divisions: Fakultas Teknik > S1-Teknik Sipil
Depositing User: Perpustakaan Unika Santo Thomas
Date Deposited: 20 Oct 2025 08:01
Last Modified: 14 Nov 2025 04:29
URI: https://eprints.ust.ac.id/id/eprint/88

Actions (login required)

View Item
View Item