Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran IPAS di SD Negeri 064023 Medan Tuntungan Tahun Pembelajaran 2023/2024

Pasaribu, Chornelia P.H (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran IPAS di SD Negeri 064023 Medan Tuntungan Tahun Pembelajaran 2023/2024. Other thesis, Universitas Katolik Santo Thomas.

[thumbnail of COVER, ABSTRAK, DAFTAR PUSTAKA CHORNELIA P. H. PASARIBU] Text (COVER, ABSTRAK, DAFTAR PUSTAKA CHORNELIA P. H. PASARIBU)
Cover, Abstrak, Daftar Pustaka Chornelia P. H. Pasaribu.pdf - Draft Version

Download (1MB)
[thumbnail of FULL TEXT CHORNELIA P. H. PASARIBU] Text (FULL TEXT CHORNELIA P. H. PASARIBU)
Full Text Chornelia P. H. Pasaribu.pdf - Draft Version
Restricted to Repository staff only

Download (18MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian menerapkan model pembelajaran TGT. Model pembelajaran TGT adalah mengarahkan ke model pembelajaran berkelompok, yang dimana menerapkan siswa saling bekerja sama antar teman satu kelompok yang dipimpin oleh salah satu siswa, yang mampu bertanggung jawab dalam kelompok. penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif.populasi dari penelitian ini seluruh siswa kelas IV SD Negeri 064023 Medan Tuntungan dengan jumlah siswa 25 siswa.pengambilan sampel nonprobality sampling dengan menggunakan sampel dan diperoleh sampel sebanyak 25 siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran tipe TGT termasuk kategori yang baik dengan rata-rata 82,72.Hasil koefisien korelasi (r_xy)atau r_hitung=0,623 dengan taraf signifikan 5% dengan jumlah responden (n)=25 siswa sehingga diperoleh r_tabel=0,396. Dari hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa 0,623 ≥ 0,396 dengan hasil belajar siswa yang memiliki hubungan yang kuat,maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara model pembelajaran TGT terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 064023 Medan Tuntungan.Berdasarkan hasil uji hipotesis (uji-t) dengan nilai t_hitung ≥ t_tabel yaitu 3,824 ≥ 1,708 pada taraf signifikan 0,000 < 0,05.Data tersebut dapat menunjukkan bahwa Ha diterima yaitu terdapat pengaruh antara model pembelajaran kooperatif tipe TGT (X) dengan hasil belajar siswa (Y).

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kooperatif Tipe TGT,Hasil Belajar Siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1- Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Fitcroy Modestus Rumahorbo,S.S.I
Date Deposited: 07 Nov 2025 08:27
Last Modified: 11 Nov 2025 06:34
URI: https://eprints.ust.ac.id/id/eprint/132

Actions (login required)

View Item
View Item