Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKN Kelas V SD Negeri 060825 Medan Area Tahun Pembelajaran 2023/2024

Hasugian, Dicky Christo (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKN Kelas V SD Negeri 060825 Medan Area Tahun Pembelajaran 2023/2024. Other thesis, Universitas Katolik Santo Thomas.

[thumbnail of COVER, ABSTRAK, DAFTAR PUSTAKA DICKY CHRISTO P HASUGIAN] Text (COVER, ABSTRAK, DAFTAR PUSTAKA DICKY CHRISTO P HASUGIAN)
Cover, Abstrak, Daftar Pustaka Dicky Christo P Hasugian.pdf - Draft Version

Download (2MB)
[thumbnail of FULL TEXT DICKY CHRISTO P HASUGIAN] Text (FULL TEXT DICKY CHRISTO P HASUGIAN)
Full Text Dicky Christo P Hasugian.pdf - Draft Version
Restricted to Repository staff only

Download (20MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting untuk kita tingkatkan guna mencapai pengetahuan dan tujuan negara. Oleh karena itu, tingkat profesional guru juga harus ditingkatkan agar menghasilkan siswa yang cerdas dan kreatif. Salah satu nya adalah guru menggunakan model pembelajaran yang kreatif sesuai dengan materi pembelajaran dan kebutuhan siswa. Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 060825 Medan Area yang di lihat dari hasil nilai ulangan harian. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode one group pretestposttest design. Jenis sampel yang di gunakan adalah purposive sampling. Sampel penelitian yang di gunakan adalah siswa kelas VB yang berjumlah 30 siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran example non example terhadap hasil belajar siswa kelas VB SD Negeri 060825 Medan Area termasuk kategori baik dengan rata-rata 81,06. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil pengujian korelasi dapat di lihat pada nilai koefisien korelasi sebesar 0,733 artinya ������� (0,733) > ������ (0,361) artinya Ha diterima. Maka terdapat pengaruh yang kuat antara model pembelajaran example non example terhadap hasil belajar siswa. Dapat juga di lihat hasil pengujian uji-t dimana ������� > ������ yaitu 5,707 > 1,697 sehingga menyatakan Ha diterima. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh positif yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran example non example terhadap hasil belajar pada mata pelajaran PKn kelas V di SD Negeri 060825 Medan Area tahun pembelajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, PKn, Model Pembelajaran Example Non Example
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1- Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Fitcroy Modestus Rumahorbo,S.S.I
Date Deposited: 07 Nov 2025 08:28
Last Modified: 11 Nov 2025 06:33
URI: https://eprints.ust.ac.id/id/eprint/133

Actions (login required)

View Item
View Item