Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Pelestarian Makhluk Hidup Kelas IV SD Negeri 101810 Biru Biru Tahun Pembelajaran 2023/2024

Ginting, Emi Yani BR (2024) Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Pelestarian Makhluk Hidup Kelas IV SD Negeri 101810 Biru Biru Tahun Pembelajaran 2023/2024. Other thesis, Universitas Katolik Santo Thomas.

[thumbnail of COVER, ABSTRAK, DAFTAR PUSTAKA EMI YANI BR GINTING] Text (COVER, ABSTRAK, DAFTAR PUSTAKA EMI YANI BR GINTING)
Cover, Abstrak, Daftar Pustaka Emi Yani Br Ginting.pdf - Draft Version

Download (1MB)
[thumbnail of FULL TEXT EMI YANI BR GINTING] Text (FULL TEXT EMI YANI BR GINTING)
Full Text Emi Yani Br Ginting.pdf - Draft Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS materi pelestarian makhluk hidup kelas IV SD Negeri 101810 Biru Biru Tahun Pembelajaran 2023/2024. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa di kelas IV SD Negeri 101810 Biru Biru yang terlihat dari hasil nilai ulangan. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode kuantitatif. Jenis sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling jenuh. Sampel penelitian yang digunakan adalah siswa kelas IV yang berjumlah 25 siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS materi pelestarian makhluk hidup kelas IV SD Negeri 101810 Biru Biru dari pengujian koefisien korelasi sebesar �ℎ����� (0,669 ) ˃ ������ (0,369) maka disimpulkan bahwa hipotesis alternative (Ha) diterima. Dilihat dari hasil pengujian uji t dimana �ℎ����� ( 4,315) ˃ ������ (1,714 ) maka Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh positif yang signifikan antara model Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS materi pelestarian makhluk hidup kelas IV SD Negeri 101810 Biru Biru Tahun Pembelajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar, IPAS
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1- Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Fitcroy Modestus Rumahorbo,S.S.I
Date Deposited: 07 Nov 2025 08:55
Last Modified: 11 Nov 2025 06:33
URI: https://eprints.ust.ac.id/id/eprint/134

Actions (login required)

View Item
View Item