Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TIA) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Kelas V SD Negeri 155701 Pahieme 2 Tahun Pembelajaran 2023/2024

Siburian, Adi Susanto (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TIA) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Kelas V SD Negeri 155701 Pahieme 2 Tahun Pembelajaran 2023/2024. Other thesis, Universitas Katolik Santo Thomas.

[thumbnail of COVER, ABSTRAK, DAFTAR PUSTAKA ADI SUSANTO SIBURIAN] Text (COVER, ABSTRAK, DAFTAR PUSTAKA ADI SUSANTO SIBURIAN)
Cover, Abstrak, Daftar Pustaka Adi Susanto Siburian.pdf - Draft Version

Download (1MB)
[thumbnail of FULL TEXT ADI SUSANTO SIBURIAN] Text (FULL TEXT ADI SUSANTO SIBURIAN)
Full Text Adi Susanto Siburian.pdf - Draft Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian menerapkan model pembelajaran TAI. Model pembelajaran TAI adalah mengarahkan ke model pembelajaran berkelompok, yang dimana menerapkan siswa saling bekerja sama antar teman satu kelompok yang dipimpin oleh salah satu siswa, yang mampu bertanggung jawab dalam kelompok. Langkah-langkah model pembelajaran TAI yaitu menyampaikan tujuan pembelajaran, siswa mempelajari materi pembelajaran, pemberian kuis, membentuk kelompok, membimbing kelompok bekerja dan belajar, pemberian penghargaan serta melakukan kesimpulan. Tujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Kelas V Sd Negeri 155701 Pahieme 2 Tahun Pembelajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan jenis penelitian kuantitatif. Untuk memperoleh data yang diperlukan instrumen tes sebanyak 30 pertanyaan. Jumlah sampel penelitian sebanyak 30 siswa berdasarkan teknik purposive sample. Untuk mengetahui kemampuan awal siswa, penelitian melakukan Pre Test dengan nilai rata-rata 52,63 yang masuk dalam kategori kurang. Hasil dari Post Test tersebut memiliki peningkatan dari hasil Pre Test yang diberikan sebelumnya dengan nilai rata-rata siwa mencapai 75,53 kategori baik. Dapat dikatakan tingkat keberhasilan hasil belajar siswa meningkat dibuktikan dengan hasil perhitungan uji koefisien korelasi diperoleh hasil ≥ dengan hasil 0,766 ≥ 0,361. Selanjutnya pengujian hipotesis yaitu membandingkan nilai ≥ . Diperoleh nilai = 6,311 sedangkan = 1,697. Karena ≤ (6,311 ≥ 1,697) maka diterima dan ditolak. Melalui uji-t tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif Tipe Team Assisted Individualization terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Team Assisted Individualization, Lingkungan Sahabat Kita, Hasil Belajar Siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1- Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Fitcroy Modestus Rumahorbo,S.S.I
Date Deposited: 10 Nov 2025 04:33
Last Modified: 11 Nov 2025 06:33
URI: https://eprints.ust.ac.id/id/eprint/135

Actions (login required)

View Item
View Item