Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII pada Materi Kubus dan Balok di SMP Swasta Deli Murni Deli Tua

Purba, Arta Nari (2024) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII pada Materi Kubus dan Balok di SMP Swasta Deli Murni Deli Tua. Other thesis, Universitas Katolik Santo Thomas.

[thumbnail of Cover, Abstrak, Daftar Pustaka Arta Nari Purba.pdf] Text
Cover, Abstrak, Daftar Pustaka Arta Nari Purba.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text Arta Nari Purba.pdf] Text
Full Text Arta Nari Purba.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa di kelas VIII SMP Swasta Deli Murni Deli Tua dan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII SMP Swasta Deli Murni Deli Tua. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur penelitian berbentuk siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Pengumpulan data ini menggunakan beberapa instrumen berupa lembar observasi guru dan lembar observasi siswa. Sedangkan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa digunakan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Thin Pair Share (TPS) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran matematika materi kubus dan balok. Dari nilai rata-rata kemampuan awal yaitu 57,96, nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa siklus I yaitu 66,67 dan nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa siklus II yaitu 79,46 serta nilai rata-rata aktivitas guru dan siswa pada siklus I yaitu 67,5% dan 68% dan siklus II yaitu 87,5% dan 86%.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS), Pemecahan Masalah, Kubus dan Balok
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Matematika
Depositing User: Fitcroy Modestus Rumahorbo,S.S.I
Date Deposited: 10 Nov 2025 04:34
Last Modified: 11 Nov 2025 06:32
URI: https://eprints.ust.ac.id/id/eprint/136

Actions (login required)

View Item
View Item