Marpaung, Binsar Gregorius (2024) Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SMP Kelas VII. Other thesis, Universitas Katolik Santo Thomas.
Cover, Abstrak, Daftar Pustaka Binsar Gregorius Marpaung.pdf - Draft Version
Download (1MB)
Full Text Binsar Gregorius Marpaung.pdf - Draft Version
Restricted to Repository staff only
Download (7MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi kemampuan literasi numerasi siswa yang masih rendah dan kurangnya model pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Akibatnya, ada kebutuhan peningkatan pembelajaran, khususnya dalam matematika. Solusi yang dapat ditawarkan adalah pelaksanaan pembelajaran matematika realisitik . Penelitian ini bertujuan untuk melihat adanya pengaruh pembelajaran matematika realistik (PMR) terhadap kemampuan literasi numerasi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, menggunakan metode kuasieksperimental. Teknik pengumpulan data meliputi tes dan instrumen nontes seperti lembar observasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Swasta Katolik Trisakti 1 Medan dengan populasi seluruh siswa kelas VII dan sampel kelas VII-D sebagai kelas eksperimen dan VII-E sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, nilai rata-rata kemampuan literasi numerasi siswa di kelas eksperimen sebesar 22,67 sedangkan nilai rata-rata kemampuan literasi numerasi siswa di kelas kontrol hanya 20,35. Selisih nilai rata-rata kemampuan literasi numerasi siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 2,32. Dari hasil uji hipotesis diperoleh nilai �ℎ����� = 2,62 dan ������ = 1,67 hal ini berarti �ℎ����� > ������ atau 2,62 > 1,67; berarti �� diterima dan �� yang artinya siswa yang mengikuti pembelajaran matematika realistik memiliki perbedaan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, dimana siswa yang mengikuti pembelajaran matematika realistik lebih tinggi dari pada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh pembelajaran matematika realistik (PMR) terhadap kemampuan literasi numerasi siswa.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kemampuan literasi numerasi ; matematika ; pembelajaran matematika realistik. |
| Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Fitcroy Modestus Rumahorbo,S.S.I |
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 04:46 |
| Last Modified: | 13 Nov 2025 04:46 |
| URI: | https://eprints.ust.ac.id/id/eprint/141 |
