Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi dan Produk Terhadap Minat Jadi Peserta pada BPJS Ketenagakerjaan Cabang Medan Kota

Simanjuntak, Agustina (2024) Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi dan Produk Terhadap Minat Jadi Peserta pada BPJS Ketenagakerjaan Cabang Medan Kota. Other thesis, Universitas Katolik Santo Thomas.

[thumbnail of COVER, ABSTRAK, DAFTAR PUSTAKA AGUSTINA SIMANJUNTAK] Text (COVER, ABSTRAK, DAFTAR PUSTAKA AGUSTINA SIMANJUNTAK)
Cover, Abstrak, Daftar Pustaka Agustina Simanjuntak.pdf - Draft Version

Download (1MB)
[thumbnail of FULL TEXT AGUSTINA SIMANJUNTAK] Text (FULL TEXT AGUSTINA SIMANJUNTAK)
Full Text Agustina Simanjuntak.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Kualitas pelayanan, Promosi dan Produk Terhadap Minat Jadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan Cabang Medan Kota. Pengumpulan data dilakukan melalui cara penyebaran koesioner dilakukan pada peserta BPJS Ketenagakerjaan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan SPSS versi 22. Adapun metode penelitian yang dilakukan yaitu metode penelitian kuantitatif, dengan populasi dan sampel yang digunakan dari peserta serta teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis linear berganda dan uji hipotesis. Dari penelitian ini menunjukkan bahwa persamaan regresi linear berganda adalah Y = 3.781 + 0,169X1 + 0,314X2 + 0,273 X3 + ei. Hasil penelitian secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa Kualitas pelayanan, promosi dan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat jadi peserta pada BPJS Ketenagakerjaan, Fhitung sebesar 48,696 > Ftabel 2,47. Secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat jadi peserta thitung 3,210 > ttabel 1,660 dengan tingkat signifikan sebesar 0,002 < 0,05. Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat jadi peserta thitung 6,575 > ttabel 1,660 dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05. Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat jadi peserta thitung 2,468 > ttabel 1,660 dengan tingkat signifikan 0,015 < 0,05. Nilai koefisien determinasi (Rsquare) sebesar 0,603 atau 60,3% artinya tingkat minat jadi peserta pada BPJS Ketenagakerjaan dapat dijelaskan oleh kualitas pelayanan, promosi dan produk sebesar 60,3%, sedangkan sisanya 39,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kesimpulan semua hasil pengujian menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara kualitas pelayanan, promosi dan produk terhadap minat jadi peserta pada BPJS Ketengakerjaan Cabang Medan Kota, disarankan kualitas pelayanan di pandang lebih di perhatikan lagi, fokus melakukan promosi dengan sosialisasi maupun bekerja sama dengan mitra dan mengetahui kebutuhan produk yang cocok untuk peserta.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kualitas pelayanan, promosi, dan produk terhadap minat jadi peserta.
Subjects: 600 Technology (Applied science) > 650 Management and auxiliary services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1-Manajemen
Depositing User: Fitcroy Modestus Rumahorbo,S.S.I
Date Deposited: 14 Nov 2025 08:14
Last Modified: 14 Nov 2025 08:14
URI: https://eprints.ust.ac.id/id/eprint/154

Actions (login required)

View Item
View Item