Sihombing, Lepana Kati (2024) Pengaruh Metode Pembelajaran Field Trip terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Santo Yoseph Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024. Other thesis, Universitas Katolik Santo Thomas.
Cover, Abstrak, Daftar Pustaka Lepana Kati Sihombing.pdf
Download (960kB)
Full Text Lepana Kati Sihombing.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII dengan menerapkan metode Field Trip. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik random sampel, didapatkan dua kelas yaitu kelas eksperimen VIII-B dan kelas kontrol VIII-A. Dengan jumlah siswa VIII-B yaitu 32 siswa dan VIII-A yaitu 32 siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, yakni melihat pengaruh metode pembelajaran field trip terhadap kemampuan menulis puisi. Instrumen penelitian digunakan melalui tes tertulis untuk
mengukur tingkat kemampuan menulis puisi siswa. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji t-hitung. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan dari nilai pretest dan postest diperoleh nilai t Hitung > t Tabel atau 4,509 > 1,695, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Sementara nilai rata-rata pada kelas postest eksperimen yaitu 76,40 dengan kategori tinggi dari pada nilai rata-rata pretest kontrol 58,30. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode pembelajaran Field Trip terhadap kemampuan menulis puisi siswa SMP Santo Yoseph Medan.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Field Trip, Kemampuan Menulis Puisi |
| Subjects: | 400 Language > 490 Other languages |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
| Depositing User: | Fitcroy Modestus Rumahorbo,S.S.I |
| Date Deposited: | 20 Nov 2025 08:50 |
| Last Modified: | 20 Nov 2025 08:50 |
| URI: | https://eprints.ust.ac.id/id/eprint/190 |
