Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VII SMP Santo Yoseph Medan

Olivia, Maria Anggie (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VII SMP Santo Yoseph Medan. Other thesis, Universitas Katolik Santo Thomas.

[thumbnail of COVER, ABSTRAK. DAFTAR PUSTAKA MARIA ANGGIE OLIVIA] Text (COVER, ABSTRAK. DAFTAR PUSTAKA MARIA ANGGIE OLIVIA)
Cover, Abstrak, Daftar Pustaka Maria Anggie Olivia.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of FULL TEXT MARIA ANGGIE OLIVIA] Text (FULL TEXT MARIA ANGGIE OLIVIA)
Full Text Maria Anggie Olivia.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap keterampilan menulis teks berita siswa kelas VII di SMP Santo Yoseph Medan. Jenis penelitian ini ialah penelitian Quasi Eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII SMP Santo Yoseph Medan pada semester genap tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap keterampilan menulis teks berita siswa kelas VII di SMP Santo Yoseph Medan. Jenis penelitian ini ialah penelitian Quasi Eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Control Group PretestPosttest Design yang menggunakan 2 kelas. Sampel yang dipilih adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 38 siswa dan kelas VII B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 35 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa Tes dalam bentuk soal essay. Teknik analisa data dilakukan secara kuantitatif. Berdasarkan perhitungan nilai rata-rata posttest keterampilan menulis teks berita kelas VII A selaku kelas yang menerima pembelajaran menggunakan model pembelajaran Project Based Learning adalah 82,02 lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata posttest keterampilan menulis teks berita kelas VII B selaku kelas yang menerima pembelajaran tanpa menggunakan model pembelajaran Project Based Learning yaitu 57,14. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji t diperoleh nilai thitung = 11,62 dan Ttabel = 1,99 maka nilai Thitung > Ttabel sehingga diterima H1 atau Ada pengaruh yang signifikan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap keterampilan menulis teks berita siswa kelas VII di SMP Santo Yoseph Medan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning, Keterampilan Menulis, Teks Berita
Subjects: 400 Language > 490 Other languages
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Fitcroy Modestus Rumahorbo,S.S.I
Date Deposited: 20 Nov 2025 08:50
Last Modified: 20 Nov 2025 08:50
URI: https://eprints.ust.ac.id/id/eprint/191

Actions (login required)

View Item
View Item