Sidabutar, Rukun Parida (2024) Analisis Penerapan Kurikulum Pendidikan Karakter Berbasis Berbebestem dan Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas VIII SMP Assisi Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024. Other thesis, Universitas Katolik Santo Thomas.
Cover, Abstrak. daftar Pustaka Rukun Parida Sidabutar.pdf
Download (860kB)
Full Text Rukun Parida Sidabutar.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan kurikulum pendidikan karakter berbasis BerBeBeSTeM dan kearifan lokal dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas VIII SMP Assisi Medan tahun Pembelajaran 2023/2024. BerBeBeSTeM, yang merupakan nilai-nilai Beriman, Bersaudara, Berkorban, Setia, Terbuka, dan Menghargai, dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancarai dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan kurikulum ini efektif dalam meningkatkan keterampilan berbahasa dan nilai-nilai karakter siswa, serta melestarikan kearifan lokal Batak. Kurikulum ini diimplementasikan melalui integritas nilai-nilai BerBeBeSTeM dalam setiap aspek pembelajaran, yang mencakup kegiatan mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. Selain itu respon siswa terhadap penerapan kurikulum ini menyimpulkan bahwa kurikulum Pendidikan karakter berbasis BerBeBeSTeM dan kearifan lokal dapat menjadi model pembelajaran efektif untuk membentuk karakter siswa yang berkualitas, berakhlak dan berbudaya.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pendidikan karakter, BerBeBeSTeM, Kearifan Lokal, Pembelajaran Bahasa Indonesia |
| Subjects: | 400 Language > 490 Other languages |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
| Depositing User: | Fitcroy Modestus Rumahorbo,S.S.I |
| Date Deposited: | 20 Nov 2025 08:50 |
| Last Modified: | 20 Nov 2025 08:50 |
| URI: | https://eprints.ust.ac.id/id/eprint/192 |
