Perbedaan Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan Think Talk Write (TTW) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Biografi di Kelas X SMA Swasta St. Yoseph Medan

Butar-butar, Tani Derita (2024) Perbedaan Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan Think Talk Write (TTW) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Biografi di Kelas X SMA Swasta St. Yoseph Medan. Other thesis, Universitas Katolik Santo Thomas.

[thumbnail of COVER, ABSTRAK, DAFTAR PUSTAKA TANI DERITA BUTAR BUTAR] Text (COVER, ABSTRAK, DAFTAR PUSTAKA TANI DERITA BUTAR BUTAR)
Cover, Abstrak, Daftar Pustaka Tani Derita Butar-butar.pdf

Download (989kB)
[thumbnail of FULL TEXT TANI DERITA BUTAR BUTAR] Text (FULL TEXT TANI DERITA BUTAR BUTAR)
Full Text Tani Derita Butar-butar.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh model pembelajarankooperatif tipe STAD dengan TTW terhadap kemampuan menulis teks biografi. Penelitian ini dilakukan di SMA Swasta Santo Yoseph di kelas X. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan metode posttest control group design. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 137 siswa. Pengambilan sampel dilakukan teknik acak atau simple random sampling di mana diperoleh sampel penelitian sebanyak 66 siswa yaitu kelas X-1 dan X-2. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes penugasan untuk mengetahui perbedaan pengaruh model pembelajaran STAD dengan TTW terhadap kemampuan menulis teks biografi. Berdasarkan pengolahan data dengan menggunakan model pembelajaran STAD yang sudah diterapkan diperoleh nilai rata-rata 65.27 dengan kategori cukup. Pengolahan data menggunakan model pembelajaran TTW termasuk kedalam kategori baik dengan nilai rata-rata 81.48. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Pengujian hipotesis menunjukkan �ℎ����� > ������ yakni 8.350 > 1.997 pada taraf signifikan ɑ = 0.05 atau 5%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa �� ditolak dan �� diterima. Ini berarti bahwa penggunaan model STAD lebih efektif dari model TTW terhadap kemampuan menulis teks biografi siswa kelas X SMA Swasta Santo Yoseph Medan

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Model STAD, Model TTW, Kemampuan Menulis dan Teks Biografi
Subjects: 400 Language > 490 Other languages
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Fitcroy Modestus Rumahorbo,S.S.I
Date Deposited: 20 Nov 2025 08:50
Last Modified: 20 Nov 2025 08:50
URI: https://eprints.ust.ac.id/id/eprint/193

Actions (login required)

View Item
View Item