Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran IPAS SD Negeri 047166 Sukadame Tahun Pembelajaran 2023/2024

Tampubolon, Amelia Margaretha (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran IPAS SD Negeri 047166 Sukadame Tahun Pembelajaran 2023/2024. Other thesis, Universitas Katolik Santo Thomas.

[thumbnail of COVER, ABSTRAK, DAFTAR PUSTAKA AMELIA MARGARETHA TAMPUBOLON] Text (COVER, ABSTRAK, DAFTAR PUSTAKA AMELIA MARGARETHA TAMPUBOLON)
Cover, Abstrak, Daftar Pustaka Amelia Margaretha Tampubolon.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of FULL TEXT AMELIA MARGARETHA TAMPUBOLON] Text (FULL TEXT AMELIA MARGARETHA TAMPUBOLON)
Full Text Amelia Margaretha Tampubolon.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPAS SD Negeri 047166 Sukadame Tahun Pembelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 047166 Sukadame yang terdiri dari 35 siswa. Pengambilan sampel menggunakan sampel purposive dan skala likert. Sampel yang terlibat dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 047166 Sukadame yang terdiri dari 18 Laki-laki dan 17 Perempuan. Untuk mengetahui kemampuan awal siswa, peneliti melakukan pretest dengan nilai rata-rata 55,6 kategori tidak baik. Setelah peneliti menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 81,2 kategori baik. Penelitian ini dapat dibuktikan dari hasil perhitungan koefisien korelasi sebesar 0,631 artinya thitung (0,631) ≥ ttabel (0,334). Maka Ha diterima. Maka terdapat pengaruh yang kuat antara model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 047166 Sukadame. Dapat dilihat dari hasil pengujian uji-t yaitu 4.671 ≥ 2.060 dengan taraf signifikan (α = 0.05). dengan demikian Ha diterima. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh positif yang signifikan dari penggunaan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 047166 Sukadame Tahun Pembelajran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1- Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Fitcroy Modestus Rumahorbo,S.S.I
Date Deposited: 20 Nov 2025 08:50
Last Modified: 20 Nov 2025 08:50
URI: https://eprints.ust.ac.id/id/eprint/196

Actions (login required)

View Item
View Item