Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V SD Negeri 066650 Medan Kota Tahun Pembelajaran 2023/2024

Daeli, Anaria (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V SD Negeri 066650 Medan Kota Tahun Pembelajaran 2023/2024. Other thesis, Universitas Katolik Santo Thomas.

[thumbnail of COVER, ABSTRAK, DAFTAR PUSTAKA ANARIA DAELI] Text (COVER, ABSTRAK, DAFTAR PUSTAKA ANARIA DAELI)
Cover, Abstrak, Daftar Pustaka Anaria Daeli.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of FULL TEXT ANARIA DAELI] Text (FULL TEXT ANARIA DAELI)
Full Text Anaria Daeli.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 066650 Medan Kota Tahun Pembelajaran 2023/2024. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dan desain penelitian menggunakan Pre Experimen tepatnya One Group Pretest Posttest Design, sampel penelitian ini adalah siswa V SD Negeri 066650 Medan Kota yang berjumlah 30 peserta didik. Pengambilan sampel yang dilakukan dalm penelitian ini adalah dengan cara Sample Purposive yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Hasil penelitian menggunakan nilai pretest dan posttest yang menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest lebih baik dari nilai pretest yaitu 89,4 dan 70,66. Sedangkan hasil uji normalitas data menunjukkan nilai pretest dan posttest berdistribusi normal dimana pengujian normalitas yaitu variabel X sebesar 0,329 ≥ 0,05 dan variabel Y sebesar 0,134 ≥ 0,05. Hasil uji korelasi sebesar 0.783 yang artinya rhitung ( 0.783) ≥ rtabel (0.361) maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang kuat. Dari hasil penelitian uji-T dimana thitung ≥ ttabel yaitu 6,669≥ 1.701 sehingga dapat dinyatakan bahwa Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh positif yang signifikan dari model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 066650 Medan Kota Tahun Pembelajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1- Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Fitcroy Modestus Rumahorbo,S.S.I
Date Deposited: 21 Nov 2025 07:06
Last Modified: 21 Nov 2025 07:06
URI: https://eprints.ust.ac.id/id/eprint/198

Actions (login required)

View Item
View Item