Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPAS di Kelas IV SD Negeri 104243 Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2023/2024

Sianturi, Artha Sri Kartika (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPAS di Kelas IV SD Negeri 104243 Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2023/2024. Other thesis, Universitas Katolik Santo Thomas.

[thumbnail of COVER, ABSTRAK, DAFTAR PUSTAKA ARTHA SRI KARTIKA SIANTURI] Text (COVER, ABSTRAK, DAFTAR PUSTAKA ARTHA SRI KARTIKA SIANTURI)
Cover, Abstrak, Daftar Pustaka Artha Sri Kartika Sianturi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of FULL TEXT ARTHA SRI KARTIKA SIANTURI] Text (FULL TEXT ARTHA SRI KARTIKA SIANTURI)
Full Text Artha Sri Kartika Sianturi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV di SD Negeri 104243 Lubuk Pakam. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan jenis penelitian pre eksperimen, populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik SD Negeri 104243 Lubuk Pakam yang berjumlah sebanyak 6 kelas. Pengambilan sampel dengan menggunakan sampel non probality jenis purposive sampling dengan sampel seluruh siswa kelas IV SD Negeri 104243 Lubuk Pakam yang berjumlah 30 siswa. Untuk mengetahui kemampuan awal siswa, peneliti melakukan prestest dengan nilai rata-rata 59,93 kategori tidak baik. Setelah penelitian menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan terhadap posttest dengan nilai rata-rata 82,93 kategori baik. Tingkatan keberhasilan hasil belajar siswa meningkat dibuktikan dengan hasil perhitungan uji korelasi yang diperoleh sebesar 0,644 yang artinya �ℎ�����(0,644) ≥ ������ (0,361). Selanjutnya pengujian hipotesis (uji-t) dimana �ℎ����� ≥ ������ yaitu 4,450 ≥ 2,060 sehingga dapat dinyatakan �� diterima dan �� ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa adanya pengeruh positif yang signifikan dari pengunaan model pembelajaran tipe Talking Stick terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran IPAS di kelas IV SD Negeri 104243 Lubuk Pakam

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick, Hasil Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1- Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Fitcroy Modestus Rumahorbo,S.S.I
Date Deposited: 21 Nov 2025 08:43
Last Modified: 21 Nov 2025 08:43
URI: https://eprints.ust.ac.id/id/eprint/203

Actions (login required)

View Item
View Item