Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Berbasis Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Kelas V SD Negeri 068008 Medan Tuntungan Tahun Pembelajaran 2023/2024

Naibaho, Aslina Hartati (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Berbasis Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Kelas V SD Negeri 068008 Medan Tuntungan Tahun Pembelajaran 2023/2024. Other thesis, Universitas Katolik Santo Thomas.

[thumbnail of COVER, ABSTRAK, DAFTAR PUSTAKA ASLINA HARTATI] Text (COVER, ABSTRAK, DAFTAR PUSTAKA ASLINA HARTATI)
Cover, Abstrak, Daftar Pustaka Aslinaa Hartati Naibaho.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of FULL TEXT ASLINA HARTATI NAIBAHO] Text (FULL TEXT ASLINA HARTATI NAIBAHO)
Full Text Aslinaa Hartati Naibaho.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbasis Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Kelas V SD Negeri 068008 Medan Tuntungan Tahun Pembelajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini melibatkan 29 siswa berdasarkan pengambilan sampel menggunakan teknik sampel purposive sampling. Metode yang sering digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match memperoleh nilai rata-rata 83,37 dengan kategori baik, sedangkan hasil belajar tanpa menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match memperoleh nilai rata-rata 44,55. Selanjutnya pengujian hipotesis enunjukan thitung sebesar 6,051 sedangkan ttabel 1,699, maka terbukti bahwa thitung Lebih besar dari ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh antara model pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match terhadap hasil belajar siswa. Dari hasil koefesien korelasi sebesar 0,759 artinya thitung > ttabel yaitu 0,759>0,367, maka dapat disimpulkan pengaruh antara model pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match berbasis media audio visual terhadap hasil belajar siswa memiliki hubungan yang kuat dimana hasil nilai ratarata angket yang telah diberikan kepada siswa mencapai 88,72

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match, Media Audio Visual, Hasil Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1- Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Fitcroy Modestus Rumahorbo,S.S.I
Date Deposited: 21 Nov 2025 08:43
Last Modified: 21 Nov 2025 08:43
URI: https://eprints.ust.ac.id/id/eprint/204

Actions (login required)

View Item
View Item